Strategi Pembelajaran Mata Kuliah Musik Secara Daring pada Mahasiswa PPIAUD STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Authors

  • Dwi Okta Renanda STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • Pandan Pareanom Purwacandra Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7740

Abstract

Mata kuliah musik adalah salah satu mata kuliah yang mengedepankan praktek dalam proses pembelajarannya. Ketika kendala untuk tatap muka seperti pandemi atau keberadaan peserta ajar yang jauh dari pengajar, tentu akan mempersulit untuk terlaksanakan pembelajaran praktek dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelarajan alat musik dan ansambel pada perkuliahan musik di Kampus STPI Bina Insan Mulia Yogyakrta saat pandemi covid-19 berlangsung dan untuk menjangkau mahasiwa yang diluar kota Yogyakarta. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi pustata dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan selama pandemi berlangsung. Pengajar menerapkan metode pembelajaran campuran melalui metode demonstrasi dan imitasi yang dikemas dalam bentuk video pembelajaran. Tujuan akhir dari mata kuliah Musik ini adalah bermain musik bersama atau ansambel musik. Namun dengan kendala untuk tatap muka secara langsung, maka perlu ada inovasi berupa video kolase kolaborasi musik agar tetap ada esensi ansambel musik. Video kolasi tersebut adalah video hasil pembelajaran praktek alat musik peserta ajar dengan instrumen masing-masing yang disatukan menjadi kolasi video kolaborasi musik. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusai pada pengembangan strategi dan metode pembelajaran musik khususnya ansambel.

Published

2025-04-09

How to Cite

Renanda, D. O., & Purwacandra, P. P. . (2025). Strategi Pembelajaran Mata Kuliah Musik Secara Daring pada Mahasiswa PPIAUD STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4386-4391. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7740