Pengaruh PKL (Praktek Kerja Lapangan) terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 3 Medan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7744Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 3 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan kuisioner yang kemudian dilakukan uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji Normalitas nilai test statistic sebesar 0,046 dan nilai Asynp. Sig sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05. Uji Linearitas menunjukkan bahwa Deviation from Linearity 0,928 yaitu lebih dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang linear. Sig. Deviation from Linearity adalah nilai signifikansi yang digunakan dalam uji linearitas untuk menentukan apakah hubungan antara dua variabel bersifat linear atau tidak. Hasil persamaan regresi menunjukkan bahwa jika nilai Praktik Kerja Lapangan tersebut adalah 0, maka nilai Kesiapan Kerja tetap berada pada angka 12,779. Temuan ini membuktikan PKL berpengaruh positif dan signifikan, sekaligus menegaskan perlunya sinergi sekolah-industri untuk optimalisasi program PKL, baik dalam penyelarasan kurikulum maupun pendampingan siswa. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pemangku kepentingan untuk memperkuat aspek non-teknis (komunikasi, adaptasi) dan monitoring evaluasi selama PKL guna memaksimalkan hasil.