Pengaruh Model Pembelajaran Questioning Answering terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca pada Sekolah Dasar

Authors

  • Yessi Fransisca Maulidya Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Vevy Liansari Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7746

Abstract

Latar belakang  ini mengkaji pengaruh signifikan model pembelajaran Questioning Answering terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pra-Eksperimental melalui metode One Group Pretest-Posttest, melibatkan 20 siswa kelas lima dari SD Negeri Waruberon. Studi ini menekankan pentingnya pemahaman membaca dalam pendidikan, terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan kosakata. Penerapan model Questioning Answering menunjukkan peningkatan signifikan pada skor pemahaman membaca, dari 65 menjadi 82, dengan 75% peserta mengalami kemajuan. Selain itu, pendekatan ini mendorong interaksi aktif guru-siswa dan memotivasi siswa untuk terlibat lebih dalam dengan materi, mengatasi tantangan rendahnya minat baca dan tingkat pemahaman yang lazim dalam konteks pendidikan di wilayah tersebut. Temuan ini menegaskan perlunya model pengajaran efektif seperti Questioning Answering untuk meningkatkan keterampilan membaca dan keberhasilan akademik peserta didik.

Published

2025-05-01

How to Cite

Maulidya, Y. F. ., & Liansari, V. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Questioning Answering terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca pada Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4869-4876. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7746