Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ahmad Akbar Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
  • Sukino Sukino Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
  • Imron Muttaqin Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7760

Abstract

Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam memerlukan pendekatan holistik yang mengintegrasikan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran. Dalam era digital saat ini, teknologi berperan penting dalam menciptakan media pembelajaran yang efisien, interaktif, dan dapat diakses secara luas. Kurikulum pendidikan agama Islam harus disesuaikan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan peserta didik, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai aspek penting dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam, termasuk hakikat dan tujuan kurikulum, pandangan para ahli tentang pengembangannya, serta landasan teoritis yang mendasarinya. Dengan menggunakan metode kepustakaan, penelitian ini menganalisis literatur yang relevan untuk memberikan gambaran tentang cara mengembangkan kurikulum secara sistematis dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum agama Islam tidak hanya mencakup perencanaan yang matang, tetapi juga proses pelaksanaan dan evaluasi yang berkelanjutan. Selain itu, integrasi teknologi dalam pendidikan agama Islam dapat memperkaya materi ajar dan metode pengajaran. Pemanfaatan aplikasi atau platform digital memungkinkan peserta didik mengakses bahan ajar yang lebih beragam dan berinteraksi langsung dengan materi pembelajaran. Kesimpulannya, adaptasi kurikulum yang tepat terhadap perkembangan zaman serta pemanfaatan teknologi secara efektif akan menjadikan pendidikan agama Islam lebih relevan dan mampu membentuk individu yang tidak hanya beriman dan bertakwa, tetapi juga berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2025-04-09

How to Cite

Akbar, A., Sukino, S., & Muttaqin, I. . (2025). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4426-4434. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7760