Integrasi Etnosains dengan Gamelan sebagai Media Inovatif untuk Pembelajaran STEM di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Miladya Nuur Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
  • Eva Luthfi Fakhru Ahsani Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7768

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan bagaimana integrasi etnosains menggunakan gamelan sebagai media inovatif dan penerapan pembelajaran STEM. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah 2 Kudus. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yang diintegrasikan dengan alat musik gamelan. Hasil dari penelitian ini yaitu menujukkan bahwa media gamelan digunakan untuk pembelajaran sains dengan mengaitkan budaya didalamnya. Pengintegrasian ini dilakukan pada materi sumber bunyi yang mempelajari tentang klasifikasi sumber bunyi seperti idiofon, membranofon, aerofon, dan kordofon. Selain itu juga membahas tentang sumber bunyi yang dihasilkan dari alat musik gamelan. Selain itu dalam pembelajaran, guru juga menerapkan pendekatan STEM selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendekatan STEM dapat dihubungkan dengan berbagai materi yang sesuai sehingga mampu menjadikan peserta didik lebih aktif, berfikir kritis, dan terlibat langsung selama pembelajaran. Sehingga, implikasi penelitian ini mampu membantu guru dalam meningkatkan pembelajaran yang lebih inovatif dengan menggunakan model pembelajaran STEM yang berkonteks budaya.

Author Biography

Eva Luthfi Fakhru Ahsani, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

 

 

Published

2025-04-10

How to Cite

Nuur, M. ., & Ahsani, E. L. F. . (2025). Integrasi Etnosains dengan Gamelan sebagai Media Inovatif untuk Pembelajaran STEM di Madrasah Ibtidaiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4499-4509. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7768