Implementasi Program Pembelajaran Life Skill Berbasis Al-Quran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7771Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan program pembelajaran life skill berbasis Al-Quran di MTs Al-Ihya Tanjung Gading, dengan tujuan untuk memahami dan menjelaskan bagaimana program ini diterapkan dan apa hasil yang dicapai. Penerapan program ini mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada pembelajaran. Penelitian ini termasuk kualitatif dengan model studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program life skill berbasis Al-Quran ini mencakup pembelajaran tajwid dan tahfidz Al-Quran. Program life skill tersebut menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran di kalangan siswa. Selain itu, program ini juga mengembangkan kemampuan lain, seperti kemampuan berbicara di depan umum, meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan manajemen waktu.