Implementasi Program Hafalan Mufradat dalam Peningkatan Pemahaman Bacaan Bahasa Arab Siswa Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7778Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana pembelajaran bahasa Arab Pesantren Darul Hasanah Galang, sehingga siswa dapat menguasai keterampilan berbahasa arab sesuai dengan tujuan pembelajaran, serta untuk mengetahui kendala apa saja yang dapat menghambat proses penghafalan mufradat di Pomdok Pesantren Darul Hasanah Galang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu pelaksanaan program pembelajaran bahasa arab dibagi menjadi dua kegiatan harian, dan mingguan. Adapun beberapa kegiatan harian yaitu seperti, mufradat pagi setiap sholat subuh, praktek muhadatsah setiap pagi senin dan kamis, dan untuk kegiatan mingguan ada Muhadarah bahasa arab setiap malam minggu dan setiap setelah isya ada pemanggilan nama siswa yang melanggar peraturan berbahasa arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di Pesantren Darul Hasanah Galang cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab siswa. Pembiasaan berbahasa Arab dalam kegiatan harian dan mingguan memberikan lingkungan yang mendukung bagi siswa untuk menghafal dan memahami mufradat secara lebih baik. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam proses penghafalan mufradat, di antaranya kurangnya motivasi sebagian siswa, keterbatasan waktu dalam mengulang dan mempraktikkan kosa kata, serta kurangnya variasi metode pengajaran yang dapat meningkatkan daya ingat siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam strategi pembelajaran serta pendekatan yang lebih interaktif agar siswa lebih mudah dalam menghafal dan menggunakan bahasa Arab secara aktif dalam kehidupan sehari-hari.