Implementasi Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Negeri
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7797Abstract
Pendidikan Inklusi bertujuan guna membantu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dapat belajar dengan anak normal lainnya dan menggunakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tersebut. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan jenis Anak Berkebutuhan Khusus dan implementasi strategi pembelajaran dan hambatan serta Solusi yang dihadapi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan Teknik penggumpulan data berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang berlokasi di SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di gabungkan menjadi satu kelas dengan siswa normal lainnya. Jenis Anak Berkebutuhan Khusus terdapat 2 karakter yaitu Autisme Spectrum Disorder dan Slow Learning. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu Strategi Pembelajaran Fleksibel dan menggunakan Kurikulum Adaptif. Hambatan guru harus menggunakan beberapa metode pembelajaran dan bisa membagi waktu dan Solusinya sebagai guru kelas, guru harus mengontrol kelas dan mengaplikasi strategi pembelajaran dengan baik.