Implementasi Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Negeri

Authors

  • Thalia Karomatul Aulia Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eka Titi Andaryani Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7797

Abstract

Pendidikan Inklusi bertujuan guna membantu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dapat belajar dengan anak normal lainnya dan menggunakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tersebut. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan jenis Anak Berkebutuhan Khusus dan implementasi strategi pembelajaran dan hambatan serta Solusi yang dihadapi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan Teknik penggumpulan data berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang berlokasi di SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di gabungkan menjadi satu kelas dengan siswa normal lainnya. Jenis Anak Berkebutuhan Khusus terdapat 2 karakter yaitu Autisme Spectrum Disorder dan Slow Learning. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu Strategi Pembelajaran Fleksibel dan menggunakan Kurikulum Adaptif. Hambatan guru harus menggunakan beberapa metode pembelajaran dan bisa membagi waktu dan Solusinya sebagai guru kelas, guru harus mengontrol kelas dan mengaplikasi strategi pembelajaran dengan baik.

Published

2025-04-09

How to Cite

Aulia, T. K. ., & Andaryani, E. T. . (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4277-4281. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7797