Potret Pendidikan Lembah Barokah, Desa Cisimeut Kabupaten Lebak, Banten

Authors

  • Bayu Anggoro Putro Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Disa Putri Hapsari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Aulia Rizki Thaib Universitas Khairun, Indonesia
  • Fahmi Diaz Widiaswara Universitas Terbuka, Wonosobo, Indonesia
  • Dheano Herdiansyah Tacalo Universitas Primagraha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7805

Abstract

Tujuan riset ini untuk mendeskripsikan kondisi dan solusi permasalahan pendidikan di Lembah Barokah, Cisimeut. Riset inn menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis riset fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil riset menunjukkan bahwa: (1) Untuk melakukan penguatan pendidikan pada penduduk khususnya kanak-kanak perlu dilakukan kegiatan peningkatan lifeskill, pembelajaran literasi dan numerasi, dan pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an sebagai kampung mualaf; (2) Rekomendasi kebijakan melalui berbagai tahap yang dilakukan seperti penyusnnan agenda, formulasi kebijakan, adopsi kebijakan, implementasi kebijakan, dan evaluasi kebijakan dengan melibatkan semua kalangan.

Published

2025-05-01

How to Cite

Putro, B. A. ., Hapsari, D. P. ., Thaib, A. R. ., Widiaswara, F. D. ., & Tacalo, D. H. . (2025). Potret Pendidikan Lembah Barokah, Desa Cisimeut Kabupaten Lebak, Banten. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4657-4661. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7805