Efektivitas Media Cetak Big Book dan Media Digital Aplikasi Secil Membaca dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7806Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menawarkan solusi dengan penggunaan media dalam pembelajaran. Dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran terdapat dua jenis media yang dapat digunakan, yakni media cetak dan media digital. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh kedua jenis media tersebut melalui penerapan media cetak big book dan media digital aplikasi secil membaca. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji tingkat efektivitas masing-masing media dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD. Pendekatan kuantitatif dengan metode eskperimen diterapkan dalam studi ini. Adapun desain yang dipilih adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group. Bentuk desain ini dipilih karena kelompok dalam penelitian sudah ada sebelumnya dan tidak dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik setelah penggunaan media cetak big book dan media digital aplikasi secil membaca. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,006 < 0,05. Temuan tersebut diperkuat oleh hasil analisis uji N-Gain. Rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (menggunakan media cetak big book) sebesar 65,2574% berada dalam kategori cukup efektif, sedangkan kelas eksperimen 2 (menggunakan media digital aplikasi secil membaca) memililiki rata-rata nilai N-Gain sebesar 50,7173%, yang berada dalam kategori kurang efektif.