Peran Konselor dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter pada Siswa Berdasarkan Prespektif Islam: Sebuah Study Literatur
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7819Abstract
Pendidikan karakter adalah upaya yang dilakukan untuk menciptakan siswa yang beretika dan memiliki akhlak sesuai ajaran agama nya. Siswa dapat meningkatkan karakter pada diri nya dengan bantuan dari berbagai pihak. Konselor menjadi salah satu pendidik yang dapat membantu siswa dalam mewujudkan pendidikan karakter dalam kehidupannya. Ketika konselor berperan dalam meningkatkan karakter siswa maka harapannya siswa menjadi individu yang sehat secara rohani dan jasmani, beretika, dan mematuhi norma sosial bahkan nilai agama yang berlaku. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konselor dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa berdasarkan prespektif islam. Metode yang digunakan yakni studi literatur dengan teknik pengumpulan data mengkaji artikel yang ditemukan di Google Scholar antara tahun 2019-2025 dengan kata kunci “peran konselor dalam pendidikan karakter” dan melakukan analisis data menggunakan analissi isi. Dari analisis tersebut, ditemukan ada enam artikel yang relevan dan dapat menjawab pertanyaan peneliti. Hasil penelitian ini mengetahui pentingnya peran konselor dalam meningkatkan pendidikan karakter berdasarkan prespektif islam, dengan melakukan proses layanan dan mengintegrasikan nilai-nilai islam sehingga siswa memiliki karakter mulia (akhlak). Harapannya pada peneliti selanjutnya dapat membentuk kompetensi konselor agar mewujudkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan meningkatkan pendidikan karakter ini, serta perlu adanya kolaborasi dan inovasi dalam sistem pendidikan karakter yang lebih berkualitas. Hasil temuan dalam artikel ini menjadi bahan kajian untuk peneliti selanjutnya agar bisa menguji secara empris terkait peran konselor dalam meningkatkan pendidikan karakter berdasarkan prespektif islam pada siswa di sekolah.