Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa

Authors

  • Fauzia Herli Noviampura Sekolah Pascasarjana, universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Sekolah Pascasarjana, universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782

Keywords:

Percaya Diri, Model Bermain “Asyik”, Reward “Asyik”, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan dasar utama dalam pengembangan pribadi anak. Melalui Lembaga Pendidikan formal di bawah naungan Kementerian Agama, anak-anak Raudhatul Athfal akan dibekali nilai-nilai agama yang dapat menjadi bekal di kehidupan keseharian mereka. Salah satu hal perlu ditumbuhkan sejak dini yaitu kepercayaan diri, karena tidak semua anak usia dini memiliki rasa percaya diri yang baik. Faktor penyebab rendahnya rasa percaya diri pada anak, dapat berasal dari diri sendiri maupun pengaruh lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan percaya diri anak melalui “Reward dan Model Bermain Asyik”. Model bermain “Asyik” terutama reward “ASYIK” adalah inovasi model pembelajaran baru yang dikembangkan oleh Watini yang telah memiliki hak patent karya cipta berupa kata movitasi “Aku Bisa, Aku Hebat, Aku Berhasil, Yes!”. Peniliti menggunakan reward “Asyik” dan model bermain “Asyik” pada peserta didik usia 5-6 tahun di RA. Al Miffa Kota Bekasi sebanyak 15 anak. Sebelum memulai kegiatan anak menyanyikan lagu dan yel-yel “ASYIK”, selama berkegiatan anak menggunakan model bermain “Asyik”, dan setelah anak menyelesaikan tugasnya, guru memberikan reward “Asyik”, peneliti menyimpulkan anak menjadi bersemangat, senang dan rasa percaya dirinya semakin baik.

Published

2022-08-01

How to Cite

Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806-2812. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>