Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Panca Rijang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7822Abstract
Kesalahan sintaksis dalam penulisan masih menjadi permasalahan umum di kalangan siswa, termasuk dalam penulisan teks berita. Ketidaktepatan penerapan kaidah sintaksis menyebabkan kesulitan dalam memahami informasi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran sintaksis, berupa kesalahan frasa, klausa, dan kalimat pada teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 5 Panca Rijang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data berupa frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung kesalahan sintaksis pada teks berita siswa. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, simak, dan catat, dengan peneliti dan kartu data sebagai instrumen penelitian. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 5 Panca Rijang sebanyak 96 kesalahan; 61 kesalahan pada bidang frasa, 4 kesalahan pada bidang klausa, dan 31 kesalahan pada bidang kalimat. Siswa melakukan kesalahan sintaksis dalam penulisan teks berita karena kurang memahami kaidah kebahasaan serta penerapan pengajaran bahasa yang kurang tepat. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman terhadap kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan teks berita yang benar. Guru juga perlu memberikan pengajaran bahasa yang baik, tidak hanya berfokus pada pengajaran materi teks berita saja, tetapi juga pada penulisan teks berita yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Penelitian selanjutnya dapat meneliti penerapan media dan bahan ajar yang tepat bagi siswa dalam menulis teks berita dengan baik dan sesuai kaidah kebahasaan.