Pengaruh Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Maisaroh Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Nurpani Nurpani Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Nursalimah Nursalimah Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7829

Abstract

Studi mengenai dampak manajemen kegiatan ekstrakurikuler terhadap pencapaian akademis siswa sangat penting untuk dilakukan karena alasan-alasan yang relevan dan strategis, terutama dalam konteks pendidikan di jenjang menengah. Ekstrakurikuler bukan sekadar pelengkap, melainkan elemen penting dalam Pendidikan; pengelolaan yang baik terhadap aktivitas ini dapat mendorong pengembangan potensi siswa secara menyeluruh dan meningkatkan efektivitas manajemen sekolah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak manajemen ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik siswa kelas IX MTs N 1 Asahan. Dengan informasi dan analisis dari studi ini, sekolah dapat menilai sistem pengelolaan ekstrakurikuler yang telah ada dan merancang strategi baru agar kegiatan dapat berlangsung lebih terstruktur dan memberikan dampak optimal. Relevansi lokal dan konteks khusus dari penelitian ini adalah hasil yang sesuai dengan karakteristik siswa di MTs N 1 Asahan, sekaligus menambah referensi ilmiah di bidang manajemen Pendidikan dan dapat digunakan sebagai dasar kebijakan sekolah atau madrasah dalam pengembangan program siswa di Asahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, alat pengumpulan data berupa kuesioner, data diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas dengan spearman brown. Analisis data dengan menggunakan korelasi product moment dan deviasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa diperoleh nilai rxy sebesar 0,693, yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat antara kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar.

Published

2025-05-01

How to Cite

Ritonga, M. ., Nurpani, N., & Nursalimah, N. (2025). Pengaruh Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4699-4706. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7829