Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi STEAM-PjBL untuk mengingkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Materi Suhu dan Kalor

Authors

  • Rema Mela Sari Universitas Jambi, Indonesia
  • Menza Hendri Universitas Jambi, Indonesia
  • Dian Pertiwi Rasmi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat kelayakan serta persepsi peserta didik terhadap modul ajar berbasis STEAM-PjBL guna meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop, sehingga fokus utama adalah validasi kelayakan dan persepsi peserta didik terhadap modul ajar yang dikembangkan. Modul ajar terintegrasi STEAM-PjBL dikembangkan berdasarkan hasil tahap Define yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar memiliki tingkat validitas tinggi, dengan nilai validasi oleh ahli materi sebesar (validator 1: 96,15%; validator 2: 93,07%), ahli media (validator 1: 94%; validator 2: 98%), dan ahli modul ajar (validator 1: 97,24%; validator 2: 94,48%). Selain itu, hasil uji persepsi peserta didik menunjukkan bahwa modul ini dinilai sangat baik dengan skor rata-rata 85%. Modul ajar ini tidak hanya meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep suhu dan kalor tetapi juga mengembangkan keterampilan komunikasi melalui pembelajaran berbasis proyek. Dengan demikian, modul ajar berbasis STEAM-PjBL ini layak diterapkan sebagai perangkat ajar dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik.

Published

2025-05-01

How to Cite

Sari, R. M. ., Hendri, M. ., & Rasmi, D. P. . (2025). Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi STEAM-PjBL untuk mengingkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Materi Suhu dan Kalor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4768-4776. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7836