Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi STEAM-PjBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Fluida Statis
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7837Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar Merdeka berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) yang terintegrasi dengan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) pada materi fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengembangan modul dilakukan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, dalam penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap Develop. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI F1.1 SMAN 8 Kota Jambi. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat valid dari aspek isi materi, kebahasaan, tampilan media, serta kesesuaian dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa modul memperoleh skor persepsi siswa sebesar 83,51%, yang tergolong dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penerapan modul ini terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran serta mendorong kreativitas mereka dalam menyelesaikan proyek-proyek yang berkaitan dengan konsep fisika, khususnya fluida statis. Modul ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah nyata secara kolaboratif dan inovatif.