Dampak Pelatihan dan Pendidikan terhadap Tingkat Kinerja Guru dengan Teknologi Informasi Komunikasi sebagai Variabel Mediasi di Sekolah Dasar Negeri Telaga Baru Kabupaten Sumbawa Barat

Authors

  • Aku Nur Rahmadin Manajemen Inovasi, Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia
  • Muhammad Saleh Manajemen Inovasi, Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia
  • Shinta Esabella Teknik Informatika, Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.784

Abstract

Tujuan dari Penelitian Ini adalah untuk menganalisis dampak pelatihan dan Pendidikan baik langsung maupun tidak langsung (melalui variabel mediasi kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)) terhadap Kinerja Guru di SDN Telaga Baru Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis data menggunakan pendekatan asosiatif atau relasional. Total 21 guru yang bekerja di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Telaga Baru Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat merupakan populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini karena teknik pengambilan sampel yan gdigunakan adalah sampling jenuh. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data yang dikenal dengan Partial Least Square (PLS), PLS merupakan persamaan yang termasuk ke dalam bidang Structural Equation Modeling (SEM) dengan jumlah sampel 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru melalui variabel Kemampuan TIK dengan nilai T-Statistik yaitu sebesar 1,738 lebih besar dari T-Tabel yaitu 1,65 dengan nilai original sample estimate adalah positif yaitu 0,203, kemudian konstruk Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru melalui variabel Kemampuan TIK dengan nilai T-Statistik yaitu sebesar 3,239 lebih besar dari T-Tabel yaitu 1,65 dengan nilai original sample estimate adalah positif yaitu 0,372 .

Published

2022-08-01

How to Cite

Rahmadin, A. N., Saleh, M., & Esabella, S. (2022). Dampak Pelatihan dan Pendidikan terhadap Tingkat Kinerja Guru dengan Teknologi Informasi Komunikasi sebagai Variabel Mediasi di Sekolah Dasar Negeri Telaga Baru Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2823-2834. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.784