Analisis Pengembangan Kurikulum di Pondok Pesantren

Authors

  • Nafisa Ega Nuzula Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muhammad Walid Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Marno Marno Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7845

Abstract

Artikel ini menganalisis pengembangan kurikulum di pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai keagamaan bagi santri. Dengan menggunakan metode penelitian library research, penelitian ini mengkaji berbagai jenis pondok pesantren yaitu: (1) salafiyah, (2) khalafiyah, dan (3) kombinasi, serta membahas ciri khas dan kurikulum dari masing-masing pondok pesantren. Kurikulum pondok pesantren salafiyah menitikberatkan pada kajian kitab klasik dan ilmu agama, sedangkan kurikulum pondok pesantren khalafiyah bersifat modern dan terstruktur. Selain itu, artikel ini juga menekankan perlunya standarisasi kurikulum untuk memastikan kualitas pendidikan yang bertanggung jawab tanpa menghilangkan kemandirian pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tujuan pendidikan di setiap pondok pesantren menghasilkan variasi dalam implementasi kurikulum yang mencerminkan perkembangan dan tuntutan zaman.

Published

2025-05-01

How to Cite

Nuzula, N. E. ., Walid, M., & Marno, M. (2025). Analisis Pengembangan Kurikulum di Pondok Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4785-4792. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7845