Dampak Partisipasi dalam OSIS terhadap Peningkatan Self-Efficacy Peserta Didik: Studi Komparatif
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7849Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak partisipasi dalam OSIS terhadap peningkatan self-efficacy peserta didik di SMA Bina Warga 2 Palembang kelas XI dan XII berjumlah 58 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik anggota aktif OSIS dan 42 peserta didik bukan anggota aktif OSIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian komparatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini mencakup dimensi self-efficacy dan manfaat OSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang dilakukan menggunakan uji Mann Whitney U-Test didapatkan nilai signifikansi Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, dengan mean of ranks peserta didik OSIS sebesar 40,34 dan peserta didik yang bukan OSIS sebesar 25,37, perbandingan self-efficacy peserta didik yang berpartisipasi di dalam OSIS terlihat dalam aspek dimensi Level dan Situasi Psikologi, perbedaan persepsi peserta didik terhadap tingkat kesulitan dalam menyelesaikan tugas mempengaruhi keyakinan dan kemampuan mereka dan pengalaman serta interaksi dengan lingkungan memberikan sinyal dan ekspektansi tertentu yang mempengaruhi peserta didik merespons tantangan, maka keputusan yang diambil adalah partisipasi dalam OSIS dapat meningkatkan self-efficacy peserta didik.