Pengaruh Modul Ajar Pendidikan Pancasila Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Intelektual Peserta Didik

Authors

  • Siti Muriyah Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Puspa Dianti Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7850

Abstract

Keterampilan intelektual merupakan bagian penting dari keterampilan kewarganegaraan yang harus dimiliki oleh generasi penerus bangsa, hal ini dikarenakan dalam keterampilan intelektual mencakupi keterampilan berpikir kritis yang berguna untuk menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbasngsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penggunaan modul ajar pendidikan pancasila berbasis proyek terhadap keterampilan intelektual peserta didik SMPN 1 Babat Toman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode quansi eksperimen design. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan modul ajar berbasis proyek (30 peserta didik) dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan modul ajar konvensional (32 peserta didik). Penelitian dilaksanakan selama empat kali pertemuan selama satu bulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Berdasarkan data hasil uji independent sample t-test terhadap data posttest menunjukkan nilai signifikansi sebesar < 0,001 (sig. < 0,001 < 0,05), yang berarti terdapat perbeaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul ajar pendidikan pancasila berbasis proyek memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan intelektual peserta didik dalam proses pembelajaran.

Published

2025-05-01

How to Cite

Muriyah, S., & Dianti, P. . (2025). Pengaruh Modul Ajar Pendidikan Pancasila Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Intelektual Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4801-4807. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7850