Analisis Peran Orang Tua pada Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V

Authors

  • Addelia Putri Arianty Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Astuti Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7855

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam mengenai tingkat motivasi belajar peserta didik, peran dari orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik serta kendala dari orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini yaitu di SD Negeri 5 Sindurejo. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas V, guru kelas dan orang tua peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan member check. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis Miles and Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik masih tergolong rendah. Orang tua kurang optimal dalam menjalankan perannya. Peran orang tua ketika memberikan motivasi belajar berkaitan dengan keberhasilan peserta didik dalam meraih ilmu. Orang tua memiliki peran sebagai motivator, fasilitator, partner, evaluator, dan supervisor. Namun, mereka menghadapi kendala seperti kesibukan pekerjaan, keterbatasan pemahaman terhadap materi pelajaran, dan kurangnya kedisiplinan dalam mengatur waktu belajar anak. Simpulan dari penelitian ini yaitu peran orang tua memiliki pengaruh besar terhadap motivasi belajar anak. Meskipun terdapat hambatan, orang tua yang berusaha mendampingi dan mendukung anak dengan memberikan apresiasi, bimbingan serta fasilitas belajar, mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Published

2025-05-02

How to Cite

Arianty, A. P., & Astuti, T. . (2025). Analisis Peran Orang Tua pada Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5059-5066. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7855