Peran Lingkungan Sekolah dan Sikap Disiplin dalam Membentuk Semangat Belajar Pendidikan Pancasila terhadap Siswa Fase A Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7856Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana peran lingkungan sekolah serta sikap disiplin memengaruhi semangat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa Sekolah Dasar fase A. Data diperoleh dari 66 peserta didik melalui metode survei. Temuan penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar di rumah, lingkungan belajar di sekolah, serta sikap disiplin memiliki korelasi yang positif dan signifikan terhadap semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila. Di antara ketiga faktor tersebut, sikap disiplin terbukti memberikan pengaruh yang paling dominan. Studi ini menyoroti pentingnya menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menanamkan sikap disiplin sebagai upaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di fase A.