Implementasi Model Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7859Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kemampuan pemahaman konsep yang dipadukan dengan model pembelajaran outdoor learning pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat kemampuan peserta didik dalam memahami konsep IPA tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes kemampuan pemahaman konsep IPA berdasarkan indikator Anderson dan Krathwol dan wawancara secara mendalam, dengan hasil nilai maksimal 96 dan nilai minimal 66. Berdasarkan hasil tes terdapat 2 siswa dengan kriteria rendah, 5 siswa dengan kriteria sedang dan 16 siswa dengan kriteria tinggi. Tingkat kemampuan pemahaman konsep yang tergolong tinggi tidak terlepas dari penggunaan model pembelajaran yang bervariasi untuk mendukung kemampuan dalam memahami konsep IPA. Sehingga kegiatan belajar yang berlangsung menjadi lebih bermakna dan tersimpan dalam memori ingatan jangka panjang serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Maka dapat diketahui bahwa model outdoor learning yang diterapkan mempunyai efektivitas dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA pada peserta didik. Model outdoor learning memudahkan peserta didik untuk berkomunikasi dan berkerjasama, menjadikan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar, memudahkan dalam memahami konsep IPA secara holistik, bermakna dan empiris, serta dapat meningkatkan minat belajar dan membantu peserta didik untuk memecahkan masalah dalam situasi yang nyata dikarenakan dalam pembelajaran peserta didik dituntut untuk mampu mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri melalui proses eksplorasi dalam kegiatan belajar.