Strategi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Muslim di Sekolah Berbasis Pesantren

Authors

  • Putri Imroatul Harisa Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Lailatul Fitriyah Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pendidikan karakter yang diterapkan di SMP Nurul Jadid, dengan fokus pada pembiasaan kebiasaan baik (PKB) dan reinforcement sebagai metode utama dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter diterapkan melalui berbagai program, seperti pembiasaan ibadah harian, pembiasaan adab Islami, kegiatan keasramaan, serta kegiatan tambahan di pesantren. Selain itu, sekolah menerapkan reinforcement positif dan negatif untuk mendorong siswa tetap konsisten dalam berperilaku baik. Sebagai sekolah berbasis pesantren, SMP Nurul Jadid memiliki keunggulan dalam mengintegrasikan pendidikan formal dan diniyah, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembentukan karakter Muslim, serta menyediakan pembinaan berkelanjutan melalui kegiatan pesantren setelah sekolah. Namun, terdapat tantangan dalam implementasinya, seperti proses pembentukan karakter yang membutuhkan waktu panjang serta tingginya ego dan kelabilan remaja. Dengan penerapan strategi yang terstruktur dan konsisten, pendidikan karakter di SMP Nurul Jadid mampu mencetak siswa yang berakhlakul karimah, mandiri, dan bertanggung jawab, serta siap menghadapi tantangan kehidupan dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islam dan Ahlussunnah wal Jamaah.

Published

2025-05-01

How to Cite

Harisa, P. I. ., & Fitriyah, L. . (2025). Strategi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Muslim di Sekolah Berbasis Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4819-4829. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7863