Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Berpikir Kritis dan Demokratis di SMK YP Serdang dan SMK Kautsar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2024

Authors

  • Lutfi Kurniawan UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Jamal Fakhri UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Nanang Supriadi UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website pada materi sikap berpikir kritis dan demokratis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan sejauh mana keefektifan media tersebut saat digunakan pada kegiatan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini tergolong penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website pada materi sikap berpikir kritis dan demokratis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat memenuhi kebutuhan stakeholder, berdasarkan angket survey yang diberikan kepada pengguna maka dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis wab untuk mata pelajaran pendidikan Agama Islam dinyatakan sangat layak, hal tersebut berdasarkan penilaian dari beberapa ahli, pertama ahli media pembelajaran memberikan penilaian dengan persentase 82%, kedua ahli materi memberikan penilaian dengan persentase 81%, dan ketiga ahli bahasa memberikan penilaian dengan persentase 82%. Lebih lanjut, untuk mengukur tingkat keefektifan media pembelajaran ini peneliti menggunakan analisis treatment digunakan uji data N-Gain atau gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis maka didapatai hasil rata-rata N-Gain sejumlah 30 peserta didik sebesar 0,87 dengan kategori tinggi, artinya adanya peningkatan kemampuan peserta didik setelah dilakukan pre-test dan post-test.

Published

2025-05-01

How to Cite

Kurniawan, L. ., Fakhri, J. ., & Supriadi, N. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Berpikir Kritis dan Demokratis di SMK YP Serdang dan SMK Kautsar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2024. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4854-4861. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7865