Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran IPAS Materi Fungsi dan Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV

Authors

  • Nazhika Anaiya Pratiwi Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Esti Susiloningsih Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Dwi Cahaya Nurani Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7869

Abstract

Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan aplikasi canva pada mata pelajaran IPAS materi fungsi dan bagian tubuh tumbuhan kelas IV di SD Negeri 222 Palembang bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan media, tingkat validitas media dan kepraktisan penggunaan media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseacrh And Develompment) dengan jenis penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil validasi ahli meteri memperoleh skor 97,22% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 91,66% dengan kategori “Sangat Valid”. Angket respon guru memperoleh skor 96,66% dengan kategori “Sangat Praktis”. Angket respon peserta didik dengan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh skor 91,3 % dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan aplikasi canva pada mata pelajaran IPAS materi fungsi dan bagian tubuh tumbuhan kelas IV di SD Negeri 222 Palembang layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Published

2025-05-02

How to Cite

Pratiwi, N. A. ., Susiloningsih, E. ., & Nurani, D. C. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran IPAS Materi Fungsi dan Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4906-4916. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7869