Implementasi Media TV Sekolah dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Paud Pelita Hati

Authors

  • Fitriani Fitriani Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.786

Abstract

Undang-Undang Pendidikan Nasional menegaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengabdian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, Masyarakat, Bangsa dan Negara. Penelitian ini dilatarblakangi oleh kurangnya minat anak usia dini dalam belajar, hal ini terlihat  masih banyaknya anak usia dini sibuk dengan dirinya sendiri dikarenakan pada saat pembelajaran guru bersifat verbalistik tanpa menggunakan media. Sehingga  anak  menjadi  tidak mengerti tentang apa yang diterangkan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini untuk membuktikan apakah media TV sekolah dapat mengembangkan motivasi belajar anak usia dini di PAUD Pelita Hati. Penelitian ini menggunakan metode Deskriftif kwalitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa TV sekolah mampu mengembangkan motivasi belajar anak usia dini disekolah ataupun di rumah. Dengan adanya  panggung  sekolah  yang  dibuat  lembaga  PAUD Pelita Hati membuat  anak  antusias  dalam belajar. Dengan media TV sekolah juga dapat mengurangi anak usia dini bermain game online yang selama ini berdampak  kuranagnya minat anak untuk belajar.

Published

2022-08-02

How to Cite

Fitriani, F., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Paud Pelita Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2936-2941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.786