Implementasi Media TV Sekolah dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Paud Pelita Hati
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.786Abstract
Undang-Undang Pendidikan Nasional menegaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengabdian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, Masyarakat, Bangsa dan Negara. Penelitian ini dilatarblakangi oleh kurangnya minat anak usia dini dalam belajar, hal ini terlihat masih banyaknya anak usia dini sibuk dengan dirinya sendiri dikarenakan pada saat pembelajaran guru bersifat verbalistik tanpa menggunakan media. Sehingga anak menjadi tidak mengerti tentang apa yang diterangkan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini untuk membuktikan apakah media TV sekolah dapat mengembangkan motivasi belajar anak usia dini di PAUD Pelita Hati. Penelitian ini menggunakan metode Deskriftif kwalitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa TV sekolah mampu mengembangkan motivasi belajar anak usia dini disekolah ataupun di rumah. Dengan adanya panggung sekolah yang dibuat lembaga PAUD Pelita Hati membuat anak antusias dalam belajar. Dengan media TV sekolah juga dapat mengurangi anak usia dini bermain game online yang selama ini berdampak kuranagnya minat anak untuk belajar.