Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band dengan Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) Berbasis Manajemen Kelas
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7872Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program ekstrakurikuler drumband di SD Negeri Mangunsari 03 menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) berbasis manajemen kelas. Model penelitian ini deksripsi kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian ini yaitu program ekstrakurikuler drumband di SD Negeri Mangunsari 03. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aspek konteks sesuai dengan Panduan Teknis Ekstrakurikuler di SD yang menjelaskan latar belakang program ekstrakurikuler, yang bertujuan untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi, bakat, serta minat siswa, sekaligus membangun rasa percaya diri peserta didik. (2) Aspek input mencakup perencanaan, sumber daya manusia yang terlibat,dan sesuai dengan Pedoman Teknis Ekstrakurikuler di SD. (3) Aspek proses mencakup pelaksanaan program ekstrakurikuler, termasuk mekanisme, pelaksanaan, pengelolaan sarana dan prasarana, serta aspek ketenagaan yang telah disusun berdasarkan Panduan Teknis Ekstrakurikuler di SD. (4) Aspek produk menunjukkan peningkatan keterampilan siswa (5) Faktor pendukung meliputi kerjasama, dan sumber daya manusia yang kompeten, sementara faktor penghambat mencakup terbatasnya mitra dan belum adanya ruang khusus untuk kegiatan ekstrakurikuler.