Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7890Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan Baamboozle dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 19 Palembang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan VII.3 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang signifikan. Data observasi mencatat kenaikan dari 63% pada pertemuan kedua menjadi 89% pada pertemuan keempat. Hasil angket juga menunjukkan peningkatan rata-rata dari 69% (pretest) menjadi 82% (posttest). Uji Independent Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi < 0,001, membuktikan efektivitas Baamboozle dalam meningkatkan motivasi belajar. Temuan ini mengindikasikan bahwa media interaktif seperti Baamboozle dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran perlu terus dikembangkan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik.