Internalisasi Moderasi Beragama melalui Panca Kesadaran Santri pada Madrasah Aliyah Program Keagamaan (PK) Negeri 1 Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7907Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan internalisasi moserasi beragama melaui panca kesadaran santri program keagamaan (PK) pada Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Moderasi beragama sangat penting di bahas pada era kemajuannya yang sangat pesat saat ini, moderasi merupakan sikap seimbang dan moderat. moderasi beragama menjungjung tinggi sikap toleransi, kerukunan dan kedamaian, Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam implementasi moderasi beragama yang di implementasikan Melalui panca kesadaran santri. Dalam proses penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data primer yang di paparkan berdasarkan hasil wawancara kepada guru, siswa, dan pembina asrama. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui arsip dokumen madrasah, jurnal dan artikel ilmiah. berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya panca kesadaran santri yang menjadi pondasi sebagai salah satu cara siswa agar memiliki kesadaran dalam menerapkan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari, melalui kegiatan yang ada di sekolah seperti adanya organisasi, musyawarah, kajian keilmuan seperti kitab kuning yang di laksanakan di sekolah maupun di asrama. Dengan begitu siswa akan lebih mudah mencerna nilai-nilai yang terkandung dalam moderasi beragama.