Microsite s.id sebagai Media Inovatif dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dengan Model ADDIE

Authors

  • Atna Tiningrum Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Oktaviani Adhi Suciptaningsih Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Riska Pristiani Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7910

Abstract

Penanaman nilai-nilai Pancasila sejak dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter siswa. Namun, proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di jenjang sekolah dasar seringkali masih bersifat konvensional dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pendidikan Pancasila yang inovatif berbasis digital dengan memanfaatkan platform microsite s.id melalui pendekatan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan analisis kebutuhan guru dan siswa, perancangan bahan ajar digital, pengembangan isi materi interaktif, implementasi melalui uji coba terbatas di kelas 2 SDN Pisangcandi 3, serta evaluasi efektivitas dan keterpakaian bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan microsite s.id sebagai media bahan ajar digital mampu meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah guru dalam menyampaikan materi, serta mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Inovasi ini juga memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel, kontekstual, dan menyenangkan. Dengan demikian, microsite s.id dapat menjadi alternatif solusi dalam pengembangan bahan ajar digital yang relevan dengan Kurikulum Merdeka dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.

Published

2025-05-02

How to Cite

Tiningrum, A. ., Suciptaningsih, O. A. ., & Pristiani, R. . (2025). Microsite s.id sebagai Media Inovatif dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dengan Model ADDIE. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5081-5087. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7910