Metode Talking Stick dan Question Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa

Authors

  • Mar'atul Mahmudah Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia
  • Moh. Farid Nurul Anwar Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Talking Stick berbantu media Question Card dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa, khususnya materi aksara Jawa kelas IV di MI Bustanul Ulum Babat Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 50,45 pada pra-siklus menjadi 70,68 pada siklus I dan 82,72 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 22,72% menjadi 95,45%. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang lebih interaktif, penggunaan media question card yang mendorong pemahaman, serta sistem talking stick yang melibatkan partisipasi aktif siswa. Model pembelajaran ini terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan meningkatkan motivasi siswa dalam memahami aksara Jawa. Temuan ini menunjukkan bahwa model Talking Stick berbantu media Question Card dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran berbasis budaya. Ke depan, metode ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk berbagai mata pelajaran lain yang membutuhkan pendekatan aktif dan partisipatif dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Published

2025-05-09

How to Cite

Mahmudah, M., & Anwar, M. F. N. . (2025). Metode Talking Stick dan Question Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5236-5244. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7911