Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbantuan Canva dan Book Creator Materi Transformasi Energi Kelas IV SD

Authors

  • Fahrunisa Fahrunisa Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Esti Susiloningsih Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7915

Abstract

Pengembangan bahan ajar e-book berbantuan aplikasi canva dan book creator pada materi transformasi energi di kelas IV Sekolah Dasar bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pada materi transformasi energi yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi, dan angket. Validitas pada bahan ajar dilakukan oleh validasi ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli media sebesar 96,875% (sangat valid) dan hasil penilaian ahli materi sebesar 100% (sangat valid). Hasil kepraktisan bahan ajar melalui uji coba peserta didik dan angket respon guru. Hasil uji coba perorangan sebesar 98,33% (sangat praktis), uji coba kelompok kecil sebesar 100% (sangat praktis), dan uji coba kelompok besar sebesar 97,33% (sangat praktis). Kesimpulan hasil uji coba peserta didik sebesar 98% (sangat praktis). Hasil angket respon guru sebesar 96,42% (sangat praktis). Berdasarkan hasil validitas dan praktis menunjukkan bahwa produk bahan ajar e-book sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Published

2025-05-14

How to Cite

Fahrunisa, F., & Susiloningsih, E. . (2025). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbantuan Canva dan Book Creator Materi Transformasi Energi Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5507-5512. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7915