Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Edpuzzle terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Indralaya Utara

Authors

  • Septia Septia Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Emil El Faisal Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Edpuzzle terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 2 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis pre-experimental design dalam bentuk one shot case study. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 2 Indralaya Utara dengan jumlah 92 peserta didik dengan sampel dalam penelitian kelas X.3 yang berjumlah 33 peserta didik. Proses pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan melalui uji Paired Sample t-test didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Edpuzzle terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 2 Indralaya Utara.

Published

2025-05-02

How to Cite

Septia, S., & Faisal, E. E. . (2025). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Edpuzzle terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Indralaya Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5129-5142. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7920