Desain Instrumen Penilaian Domain Psikomotorik dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7924Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain penilaian psikomotorik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL), serta mengeksplorasi urgensi inovasi pembelajaran berbasis masalah dan proyek oleh guru pendidikan agama Islam. Secara teoretis, penilaian psikomotorik menjadi bagian penting dalam mengembangkan keterampilan peserta didik, khususnya dalam aspek praktik dan keterlibatan aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di Madrasah Ibtidaiyah As Salam Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian psikomotorik pada pendekatan PBL dan PjBL dilaksanakan melalui lembar kerja, observasi, dan portofolio yang disesuaikan dengan materi serta kisi-kisi penilaian. Dalam penerapan PBL, guru menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang mengintegrasikan teks dan gambar untuk merangsang analisis dan keterampilan motorik. Sementara pada pendekatan PjBL, guru merancang lokakarya kelompok menggunakan model make a match, di mana hasil proyek dipresentasikan secara kolaboratif di kelas. Inovasi pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama islam.