Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan PPRA dalam Membentuk Karakter Siswa di SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7925Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini dilakukan di MI Muslimat NU Palangka Raya dengan pendekatan kualitatif, yang berfokus pada siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Berdasarkan temuan didapatii bahwa hasil penelitian menunjukkan implementasi kedua profil tersebut dilakukan melalui kegiatan pembiasaan, seperti berdoa, shalat berjamaah, kerja kelompok, dan apresiasi budaya, baik di dalam kelas maupun dalam pembelajaran terbukti efektif guna menanamkan nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, sopan santun, kerjasama, kepedulian, tanggung jawab, dan toleransi. Maka disimpulkan bahwa pendekatan berbasis Profil Pelajar Pancasila dan PPRA menjadi model cukup efektif dalam pendidikan karakter siswa di tingkat dasar. Adapun rekomendasi yang diajukan meliputi penguatan program pembiasaan seperti shalat berjamaah dan kerja kelompok, keteladanan guru, pelatihan berkelanjutan, kolaborasi dengan orang tua, serta evaluasi rutin demi pembentukan karakter siswa.