Efektivitas Model PBL Berbasis Etnomatematika Berbantuan Kakisil (Teka-Teki Silang) terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7930Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model problem based learning yang berbasis etnomatematika dengan bantuan KAKISIL (teKa teKi SILang) terhadap hasil dan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan kelompok kontrol pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SDN Kalibanteng Kidul 03 pada tahun ajaran 2025/2026. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas IV di SDN Kalibanteng Kidul 03 pada tahun ajaran yang sama. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa, yang terbagi menjadi 21 siswa dalam kelompok eksperimen dan 21 siswa dalam kelompok kontrol, dengan pemilihan kelas dilakukan melalui probability sampling. Data mengenai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesetaraan awal, dan uji gain score. Jika uji prasyarat terpenuhi, maka uji hipotesis dapat dilakukan, seperti uji paired sample t test, uji independent sample t test, dan uji one sample test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam hasil dan minat belajar siswa antara model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika yang dibantu KAKISIL dan model pembelajaran konvensional.