Peran POKJA dalam Pengelolaan PKL Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan (Studi Kasus SMK N 2 Palembang)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7931Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran penting POKJA dalam pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK N 2 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dan tidak terstruktur. Sumber data pada penelitian ini meliputi Koordinator POKJA, Kepala Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan, POKJA Teknik Pemesinan, Guru Pembimbing, dan Siswa Kelas XII. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data Miles, Huberman & Saldana menggunakan bantuan software Nvivo 12 Pro. Hasil penelitian ini diketahui bahwa POKJA berperan penting dalam keberhasilan pengelolaan PKL pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK N 2 Palembang.