Peran Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Niat Beli
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7932Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap niat beli konsumen Tokopedia di wilayah Bandung Raya. Pesatnya perkembangan platform e-commerce di Indonesia telah menjadikan ulasan dan rating online sebagai faktor penting dalam membentuk niat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang didistribusikan kepada 150 pengguna Tokopedia di wilayah Bandung Raya dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Demikian pula, online customer rating juga berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen di Tokopedia. Selain itu, kedua variabel tersebut secara simultan memiliki pengaruh terhadap niat beli, dengan nilai adjusted R square sebesar 63,3%, yang berarti ulasan dan rating online secara bersama-sama mampu menjelaskan 63,3% variasi dalam niat beli, sedangkan sisanya sebesar 36,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Temuan ini menyarankan agar para penjual di Tokopedia lebih memperhatikan ulasan pelanggan dan rating produk, karena elemen-elemen tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan niat beli konsumen. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti faktor-faktor tambahan seperti harga, promosi, kepercayaan merek, dan influencer marketing yang juga dapat memengaruhi niat beli secara online.