Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa X.8 dI SMA Negeri Pakusari
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7935Abstract
Meningkatkan minat belajar adalah upaya untuk mengoptimalkan siswa agar lebih termotivasi, aktif, dan mandiri pada proses pembelajaran. Dengan minat yang tinggi, siswa akan lebih mudah memahami materi, mengembangkan rasa ingin tahu, dan meraih prestasi yang lebih baik. Peneliti melakukan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan minat belajar siswa kelas X.8 di SMA Negeri Pakusari dengan menggunkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yaitu mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkatan pemahaman. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart, dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 38 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 23 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket minat belajar, dan wawancara. Hasilnya, terjadi peningkatan minat belajar siswa dari siklus I sebesar 65,97% kategori cukup menjadi 87% pada siklus II kategori baik. Pendekatan TaRL terbukti efektif dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan siswa, meningkatkan motivasi belajar, serta memperkuat keterampilan menulis dan berpikir kritis melalui tugas menyusun teks negosiasi. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran.