Dampak Media Massa terhadap Pendidikan Perdamaian: Perspektif Teori Ekologi dan Teori Pendidikan

Authors

  • Sutiyono Sutiyono Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Danang Prasetyo Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
  • Hani Subagio Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta, Indonesia
  • Wahyu Wibowo Eko Yulianto Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak media massa terhadap pendidikan perdamaian, terutama dalam konteks era digital di mana media massa memainkan peran penting dalam menyebarkan informasi mengenai isu-isu perdamaian, konflik, dan resolusi konflik di berbagai belahan dunia. Dampak yang ditimbulkan oleh media massa dapat mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap perdamaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan berbagai penelitian terkait topik fenomena yang relevan dengan pertanyaan penelitian tertentu. Penelitian ini mengacu pada teori ekologi Urie Bronfenbrenner dan teori konstruktivisme Vygotsky sebagai grand theory untuk menganalisis dampak media massa terhadap pendidikan perdamaian. Melalui pemberitaan, program pendidikan, dan kampanye sosial, media massa memiliki kemampuan untuk mendidik masyarakat mengenai pentingnya hidup berdampingan secara damai, menghargai perbedaan, dan menerapkan nilai toleransi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media massa berperan signifikan dalam mendukung pendidikan perdamaian dengan menyebarkan pesan-pesan yang mengedukasi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih damai dan harmonis.

Published

2025-06-02

How to Cite

Sutiyono, S., Prasetyo, D. ., Subagio, H. ., & Yulianto, W. W. E. . (2025). Dampak Media Massa terhadap Pendidikan Perdamaian: Perspektif Teori Ekologi dan Teori Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5642-5649. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7939