Implementasi Model ATIK dalam Pembelajaran Motorik Halus melalui Media Origami di Taman Kanak Kanak

Authors

  • Febriana Marietta Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.794

Keywords:

Model ATIK, Motorik Halus, Origami

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pada masa ini seluruh aspek perkembangan anak berkembang dengan pesat. Seluruh aspek perkembangan harus distimulasi dengan baik dan berkelanjutan. Salah satu aspek perkembangan yang penting untuk menunjang perkembangan yang lain pada anak adalah kemampuan motorik halusnya. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah untuk membantu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini.  Kegiatan melipat kertas merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan model ATIK dalam pembelajaran motorik halus melalui media origami di Taman Kanak Kanak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui tahap analisa data model Miles dan Huberman dimana subjek penelitian yaitu peserta didik usia 5-6 tahun di TK Mulia Bethany Bekasi Timur. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan reduksi display dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengimplementasikan model ATIK kemampuan anak menekan kertas dengan ujung jari, jari-jari anak menjadi lebih lentur, serta koordinasi mata dan tangan meningkat. Sehingga hasil lipatan kertas yang dilakukan oleh anak terlihat lebih rapi, presisi dan sesuai dengan bentuk yang diinginkan tanpa bantuan guru. Bahkan anak bisa menyelesaikan lipatan sampai tahap akhir.

Published

2022-08-03

How to Cite

Marietta, F., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Pembelajaran Motorik Halus melalui Media Origami di Taman Kanak Kanak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3053-3059. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.794

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>