Proses Internalisasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Masyarakat Baduy melalui Pendidikan Informal

Authors

  • Fadli Rahdiat Gunadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Febrian Alwan Bahrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi serta tahapan perkembangan pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak masyarakat Baduy luar melalui pendidikan informal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di Suku Baduy, Desa Kanekes, Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak, Banten dengan estimasi waktu penelitian selama 3 (bulan) bulan. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian ini mencakup proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh. Hasil temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah anak-anak Baduy tidak menerima pendidikan formal, tetapi justru tetap belajar nilai-nilai karakter melalui pengalaman sehari-hari mereka. Pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak - anak masyarakat Baduy dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri anak sendiri seperti rasa cinta dan kepedulian terhadap alam dan untuk faktor eksternal berasal dari lingkungan di sekitar anak, seperti pengajaran dan teladan dari orang tua di rumah. Anak-anak Baduy juga melakukan pengembangan karakter peduli lingkungan melalui 3 (tiga) tahapan yaitu dengan memberikan pemahaman, pelaksanaan, pembiasaan.

Published

2025-05-10

How to Cite

Gunadi, F. R., Jamaludin, U. ., & Bahrudin, F. A. . (2025). Proses Internalisasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Masyarakat Baduy melalui Pendidikan Informal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5310-5316. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7945