Kepemimpinan Situasional dalam Meningkatkan Kinerja Tim Pengembang Kurikulum Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7948Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kepemimpinan situasional dalam meningkatkan kinerja tim pengembang kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat. Keberhasilan lembaga pendidikan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia, terutama dalam proses pengembangan kurikulum yang kompleks dan melibatkan berbagai interpretasi. Dalam konteks madrasah, pengembangan kurikulum tidak hanya harus relevan dengan tuntutan zaman tetapi juga harus mempertahankan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja tim, di mana pemimpin mampu menyesuaikan gaya kepemimpinannya meliputi gaya mengarahkan, membujuk, melibatkan, dan mendelegasikan sesuai dengan tingkat kesiapan anggota tim. Temuan tersebut menggambarkan bahwa penerapan kepemimpinan yang adaptif tidak hanya berdampak pada aspek kuantitatif, seperti ketepatan waktu dan jumlah produk kurikulum, tetapi juga pada kualitas kurikulum yang dihasilkan. Peningkatan partisipasi aktif anggota tim dalam evaluasi dan refleksi kurikulum menambah nilai kolaborasi yang sehat. Berdasarkan hasil ini, penting bagi madrasah untuk memperkuat kapasitas kepemimpinan melalui pelatihan dan pengembangan profesional serta menciptakan budaya kerja yang inklusif. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam penguatan tata kelola tim pengembang kurikulum di lingkungan madrasah.