Evaluasi Kinerja PKBM Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard: Studi Kasus di Minda Utama Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7949Abstract
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Minda Utama di Kota Bandung berperan penting dalam menyediakan akses pendidikan nonformal bagi masyarakat, tetapi menghadapi tantangan dalam memastikan kualitas dan keberlanjutan programnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja PKBM menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC), yang memungkinkan evaluasi holistik dari berbagai perspektif. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun tingkat kepuasan peserta didik terhadap program cukup tinggi, ada tantangan signifikan dalam aspek keuangan, menjadikan PKBM sangat bergantung pada Dana Bantuan Operasional Pendidikan Kesetaraan yang sering mengalami keterlambatan. Selain itu, proses bisnis internal masih dilakukan secara manual, yang menghambat efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan. Kesimpulannya, penerapan BSC di PKBM Minda Utama memberikan wawasan yang berguna dalam merumuskan strategi peningkatan kinerja lembaga. Saran yang diberikan antara lain adalah diversifikasi sumber dana, peningkatan kapasitas pengelola melalui pelatihan, serta penerapan teknologi informasi dalam manajemen. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan PKBM dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat.