Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial

Authors

  • Andi Saefulloh Anwar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Kardi Leo Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.795

Keywords:

Moderasi Beragama, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama abad 21 melalui media sosial. Sikap moderat merupakan karakter yang harus tertanam bagi umat Islam di tengah keberagaman agama, suku dan ras di Indonesia. Tulisan ini bertujuan untuk Memahami formulasi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui media sosial. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman modersi beragama dan peran media sosial membentuk suatu kesatuan dalam mendukung moderasi beragama di Indonesia berbasis literasi era digital 4.0 di abad 21. Media sosial berupa facebook, instagram dan youtube dapat dijadikan salah satu strategi dalam menggalakkan krisis moderasi beragama pada era digital 4.0 di Indonesia khususnya untuk kalangan milenial.

Published

2022-08-03

How to Cite

Anwar, A. S., Leo, K. ., Ruswandi, U. ., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044-3052. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.795

Most read articles by the same author(s)