Pengaruh Bar Model Terhadap Penguasaan Konsep, Berpikir Logis, dan Keterampilan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas III SD Sekolah XYZ di Jakarta Utara

Authors

  • Fenny Yohana Halim PENABUR Primary Kelapa Gading, Indonesia
  • Rini Wahyuningsih Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7952

Abstract

Penelitian di Sekolah XYZ mengkaji pengaruh penggunaan bar model, berpikir logis, dan penguasaan konsep terhadap kemampuan memecahkan soal matematika pada siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Penguasaan konsep, kemampuan berpikir logis, dan penerapan bar model digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Penelitian menggunakan True Experimental Design dimana data dikumpulkan melalui kuesioner dari 30 siswa, pre-test, dan post-test, serta diuji melalui uji validitas, reliabilitas, dan kecenderungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode bar model dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan penguasaan konsep siswa, yang pada gilirannya mempermudah penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini menggunakan analisis SEM dengan SmartPLS, dan menemukan korelasi positif yang signifikan antara penggunaan bar model dengan penguasaan konsep soal cerita matematika (p-value 0,000, t-statistic 9,388), kemampuan berpikir logis (p-value 0,000, t-statistic 8,806), serta kemampuan memecahkan masalah (p-value 0,000, t-statistic 4,057), semuanya melebihi nilai kritis 1,96. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan bar model berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan siswa Kelas 3 SD XYZ dalam memecahkan masalah matematika, sehingga penggunaan bar model efektif dalam meningkatkan keterampilan matematika siswa.

Published

2025-05-02

How to Cite

Halim, F. Y. ., & Wahyuningsih, R. . (2025). Pengaruh Bar Model Terhadap Penguasaan Konsep, Berpikir Logis, dan Keterampilan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas III SD Sekolah XYZ di Jakarta Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5067-5074. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7952