Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Rangka Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Authors

  • Mellisa Fitri Yani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Eti Hadiati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Yetri Yetri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7954

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-Alamin di Madrasah Aliyah Jabal An-Nur Al-Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami penerapan kedua profil tersebut dalam proses pembelajaran yang berfokus pada nilai kebhinekaan, toleransi, dan kedamaian. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa yang terlibat dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Jabal An-Nur Al-Islami telah berhasil menerapkan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan berbasis nilai Pancasila dan Rahmatan Lil-Alamin, melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang berfokus pada pengembangan karakter, kompetensi global, serta moderasi beragama. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis mengenai pengembangan pendidikan karakter di Indonesia, khususnya dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah berbasis keagamaan. Hasil penelitian diharapkan menjadi referensi bagi madrasah lain dalam menerapkan program serupa serta mengembangkan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil-Alamin.

Published

2025-05-02

How to Cite

Yani, M. F. ., Hadiati, E. ., & Yetri, Y. . (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Rangka Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5088-5095. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7954