Peningkatan Kompetensi Staf Administrasi Madrasah untuk Meningkatan Kualitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7955Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi peningkatan kompetensi staf administrasi sebagai kunci dalam optimalisasi pengelolaan madrasah dan peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Azzainiyah II Karanganyar. Permasalahan utama meliputi ketergantungan administrasi pada kepala madrasah, minimnya pelatihan staf, rendahnya pemanfaatan teknologi, dan keterbatasan fasilitas yang menghambat efisiensi operasional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, yang dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan intensif staf administrasi, perekrutan tenaga tambahan, penerapan sistem teknologi informasi berbasis manajemen, serta pengembangan ruang kerja administrasi dan perpustakaan berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kompetensi staf administrasi dan efektivitas pengelolaan madrasah. Peningkatan kompetensi ini terbukti memperbaiki pengelolaan administrasi, mendukung efisiensi operasional, dan secara langsung meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Azzainiyah II Karanganyar.