Intervensi Teknik Zikir dalam Konseling Islam untuk Mengurangi Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Authors

  • Elsa Inayatul Amalia Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Anwar Sutoyo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muslikah Muslikah Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas teknik zikr sebagai intervensi konseling Islam guan mengurangi kecemasan di kalangan mahasiswa tingkat akhir. Tekanan akademis yang tinggi, tuntutan untuk menyelesaikan skripsi, ketidakpastian tentang masa depan, dsb sering menjadi penyebab gejala kecemasan pada kelompok tersebut. Pendekatan systematic literature review (SLR) digunakan untuk menganalisis 19 artikel relevan yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2024. Proses telaah dilakukan denga mengikuti pedoman PRISMA dari tahap identifikasi, penyaringan, penilaian kelayakan, hingga penyertaan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik zikr jahr (lantang) dan zikr khafi (diam) secara signifikan dapat mengurangi tingkat kecemasan, mengontrol emosi, dan mengarah pada kedamaian batin. Artikel ini dianalisis menggunakan desain penelitian eksperimental, kuasi-eksperimental, dan kualitatif. Selain itu, intervensi berbasis zikr juga dapat memengaruho respons fisiologis seperti detak jantung, pola pernapasan, dan meningkatkan mekanisme koping psikologis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa memasukkan zikr dalam konseling Islam merupakan strategi yang efektif untuk mengatasi masalah Kesehatan mental mahasiswa. Temuan ini juga mendukung adanya penggunaan model konseling berbasis spiritual terutama dalam lingkungan Pendidikan berbasis Islam.

Published

2025-06-02

How to Cite

Amalia, E. I. ., Sutoyo, A. ., & Muslikah, M. (2025). Intervensi Teknik Zikir dalam Konseling Islam untuk Mengurangi Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5706-5710. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7969